Rabu, 23 Agustus 2017

Berbagai Kolam Renang di Jakarta (Part 3)

Ya kembali lagi bersama website berenang.id , disini kami akan mengulas lanjutan petualangan saya mengunjungi berbagai kolam renang yang ada di Jakarta Raya hahay. Anda bisa membaca post kami sebelumnya petualangan berenang part 1 dan petualangan berenang part 2. Berikut ini 10 kolam renang yang akan kami bahas.

21) Kolam Renang Gajah Mada

Jam Buka :  07.00 - 18.30
Kedalaman : 1 m dan 4 m
Luas kolam : 26 m x 16  m
Tempat bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp35.000 (Senin - Kamis) Rp40.000 (Jumat - Minggu)
Lokasi : Jl. Gajah Mada No. 19 - 26, Petojo Utara, Gambir, RT.2/RW.1, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130

Kolam renang Gajah Mada terletak di Pusat Perbelanjaan Gajah Mada Plaza. Pertama kali saya kesini, saya bertanya ke petugas dimana kolamnya jawabannya ternyata harus naik lift lalu ke lantai 7. Wah kolam renangnya ada diatas mall ternyata. Seru dong bagi kalian yang abis belanja, selepas itu kalian bisa renang disini hehe.

Kualitasnya airnya jernih. Tempatnya bersih. Kamar mandi, kamar ganti, kamar bilas memuaskan. Hanya saja kolam renangnya berukuran kecil. Hanya memiliki panjang 26 meter. (Padahal panjang kolam renang standarnya 50 meter lho). Di kolam Gajah Mada hanya ada dua kedalaman, 1 meter dan 4 meter. Mantap kan.

Kolam buka sejak jam 7 pagi dan loket tutup jam 6 malam sementara itu locker gratis namun dengan jaminan KTP, SIM , ataupun uang Rp 50.000

Keunggulan :
Kedalaman sampai 4 meter lho
Air bersih
Kamar mandi bersih

Kekurangan :
Kolam kecil

Kolam Renang Gajah Mada

Gajah Mada Plaza Swimming Pool

22) Kolam Renang Otista

Jam Buka :  08.00 - 11.00 dan 13.00-15.30
Kedalaman : 1 m s.d. 1.6 m
Luas kolam : 50 m x 25  m
Tempat bilas : Terbuka dan tertutup
Harga Tiket : Rp10.500 (Hari biasa) Rp12.500 (Hari Minggu/Libur)
Lokasi : Jl. Otista Raya, RT.13/RW.8, Kp. Melayu, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330

Merupakan kolam renang Gelanggang Remaja Jakarta Timur. Nama lain : Kolam Renang GRJT, Otista / GOR Otista / Kolam Yusenter (Youth Center). Karena berada di dalam GOR Otista, jadi selain kolam renang, di kawasan ini ada juga lapangan basket, bulu tangkis, voli, futsal, gedung auditorium. Lokasi Gor Otista tidak jauh dari terminal kampung melayu dan Sekolah tinggi ilmu statistik.

Kolam GOR Otista buka jam delapan pagi dan tutup jam setengah empat sore. Saat saya kesini, air kolam renangnya terlihat bersih dan berwarna biru. Namun setelah mencemplungkan diri, jangkauan pandang tidak jauh karena ternyata cukup banyak kaporitnya.

Di kolam renang ini ada tribun. Kolamnya luas, standar olimpiade yakni 50x25 meter. Area sekitar kolam bersih. Kualitas kamar bilas, toilet biasa-biasa saja. Oh ya, di kolam renang ini juga ada klub renang, namanya Indonesia Star Aquatic. Selama satu bulan saya pernah les renang disini untuk mendalami renang gaya kupu-kupu.

Keunggulan :
Kolam luas, standar olimpiade
Harga murah

Kekurangan :
Kamar mandi, kamar ganti, wc kurang baik

kolam renang otista

kolam renang gelanggang remaja jakarta timur

23) Kolam Renang Halim Perdanakusuma

Jam Buka : 07.00 - 17.00
Kedalaman : 1.2 meter dan 2 meter
Luas Kolam : 50 m x 22,5 m
Tempat Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp10.000 (Senin - Jumat) Rp15.000 (Sabtu,Minggu,Hari Libur)
Lokasi : Jl. Pelangi Halim Perdanakusuma, Makasar, RT.7/RW.9, Halim Perdana Kusumah, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13650

Saya sempat salah kesasar, gara-gara Google Maps menunjukan arah masuknya lewat Puri Ardhya Garini. Masuk kesana, lalu jalan ke ujung dan ada pos satpam, ditanyain satpam, mau kemana. Saya jawab saya mau ke kolam renang dan beliau jawab ini kalau saya salah jalan dan banyak orang-orang lain yang mengalami hal serupa gara-gara Maps.

Akhirnya saya menemukan pintu masuknya yang kecil, dan sampailah di Kolam Renang Halim Perdanakusuma. Harga tiket tergolong murah, Rp 10.000 untuk hari biasa. Kolam renang halim buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Anak diatas 2 tahun, pengantar sekolah/umum, tetap dikenakan biaya masuk tiket.

Tempat kolam renang cukup baik. Ada kolam anak-anak dan kolam dewasa. Tempat duduk di sekeliling kolam kurang banyak. Ada kantin. Air kolam dari luar tampak biru segar tapi setelah saya mencebur dan melihat kualitas air di dalamnya ternyata kurang bening dan banyak kaporit. Kamar mandi terbuka, ruang ganti banyak.

Keunggulan :
Harga tiket masuk murah

Kekurangan :
Air kurang jernih

kolam renang halim

kolam renang halim perdanakusumah

24) Kolam Renang Grogol

Jam Buka : 07.30 - 16.00
Kedalaman : 80 cm, 100cm, 120cm
Luas Kolam : 50 m x 25 m
Ruang Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp10.000 (Senin-Jumat) Rp12.500 (Sabtu/Minggu/HariLibur)
Lokasi : Jl. Dr. Nurdin I, Grogol, Grogol petamburan, RW.7, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11450

Nama lain kolam Renang Gelanggang Remaja Jakarta Barat (GRJB) adalah Kolam Renang Grogol. Lokasi tidak jauh dari Stasiun Grogol. Kolam Renang ini berada di kompleks Gelanggang Remaja Jakarta Barat. Kolam renangnya luas, standar olympic. Namun sayang tidak ada bagian yang dalam, terdalam hanya 1.2 meter saja.  Saya kemari pada hari minggu. Dan gila ramai sekali, semua area kolam dipenuhi anak-anak, remaja, dewasa karena memang tidak ada area yang dalam. Air kolam tidak begitu jernih. Kaporit tidak terlalu berasa. Disini tersedia locker dengan membayar Rp 5000. Kamar mandi kurang terawat. Keran bilas ada beberapa yang tidak berfungsi. Area sekitar kolam berupa lantai keramik yang cukup licin ketika basah, jadi harus berhati-hati ketika berjalan.

Keunggulan :
Tiket masuk tergolong murah

Kekurangan :
Sekeliling kolam merupakan keramik lantai yang licin kalau basah
Paling dalam hanya 1.2 meter saja

kolam renang grogol

kolam renang gelanggang remaja jakarta barat

25) Kolam Renang HS Agung

Jam Buka : 07.00 - 18.00
Kedalaman : 1.2 meter, 1.7 meter, 2.2 meter
Ruang Kolam : 50 m x 22.5 m
Harga Tiket : Rp15.000 (Senin-Jumat) Rp20.000 (Sabtu/Minggu/HariLibur)
Lokasi : Jalan Robusta Raya No. 12, RT. 01 / RW. 07, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460

Saya kemari menggunakan KRL turun di Stasiun Cakung. Berlanjut dengan jalan kaki sejauh kira-kira 1 km hingga pada akhirnya sampai di kolam renang ini. Kolam Renang HS Agung berlokasi di perbatasan antara Jakarta Timur dengan Bekasi.  Cukup unik, karena di atas kolam renang ini ada dua jaring berbentuk segitiga. Saya kurang tahu apakah fungsinya untuk melindungi dari sinar matahari, tapi toh ternyata sinar matahari tetap saja bisa menembus jaring tersebut.

Di kolam renang HS Agung, ada tiga tali yang membatasi setiap kedalaman yang berbeda. Sayang sekali, adanya tali ini justru malah mempersulit bagi orang yang ingin berenang memanjang sejauh 50 meter. Keunggulan kolam renang ini adalah banyak tempat duduk dan beristirahat. Sarana hiburan untuk anak juga banyak. 

Keunggulan :
Ada kanopi di atasnya
Tempat duduk banyak
Banyak mainan anak

Kekurangan :
Lantai sekitar kolam agak licin

kolam renang hs agung

kolam renang hs agung pondok kopi

26) Kolam Renang Tirta Mas

Jam Buka : 07.00 - 19.00
Kedalaman : 1 meter - 1.5 meter
Luas Kolam : 50 m x 18 m
Ruang Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp26.000 (Senin-Jumat) Rp30.000 (Sabtu/Minggu/HariLibur)
Lokasi : Jl. Kayu Putih IV, Pulo Gadung, RT.5/RW.6, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13260

Saya tiba di Kolam Renang Tirta Mas pada hari Sabtu pagi jam delapan kurang dan anjir kolam sudah dipenuhi oleh anak kecil. Semua kawasan kolam renang saat itu sangat ramai. Ada dua kolam, kolam utama dan kolam anak kecil yang memiliki perosotan lebar. Di kolam utama,  tidak ada bagian kolam yang dalam (kedalaman maksimal 1.5 meter). Waktu saya menceburkan diri dan melihat ke dalam air kolam renang ini, jarak pandang terbatas. Artinya kolam ini kurang jernih. Mungkin karena saat itu amat ramai.

Kamar mandi/kamar bilas kualitas biasa-biasa saja, tidak terlalu bagus. Harga tiket 30.000 saat weekends, cukup mahal jika disejajarkan dengan kualitasnya. Anak umur 1 tahun harus sudah membeli tiket. Oh ya, disamping kolam renang ini juga ada lapangan tenis. Mungkin bagi anda setelah lelah berenang, anda bisa melihat-lihat orang bermain tenis haha. 

Keunggulan :
Cocok untuk anak-anak

Kekurangan : 
Tidak ada kolam yang dalam

kolam renang tirta mas

kolam renang tirta mas

27) Kolam Renang GOR Pertamina 

Jam Buka : 06.00 - 18.00
Kedalaman : 1.5 meter dan 3 meter
Luas Kolam : 50 m x 25 m
Kamar Bilas : Tertutup
Harga Tiket : Rp20.000 (Semua hari)
Lokasi : Jl. Rw. Simprug 3, RT.7/RW.8, Grogol Sel., Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220

Nama lain : Kolam Renang Simprug. Kolam Renang Pertamina berada di kawasan Pertamina Simprug dimana disini tidak hanya ada kolam renang, melainkan ada juga Gelanggang Olahraga, Gedung Serbaguna, Pertamina Residence, dan Universitas Pertamina. Saat masuk ke dalam, wah kolamnya luas. Disini tidak ada kolam renang untuk anak-anak dan balita. Jadi kolam ini lebih tepatnya untuk yang belajar renang sungguh-sungguh. Ada dua kolam disini :  

Kolam pertama merupakan kolam dengan standar olympic 50x25 meter. Bagian terdangkalnya sedalam 1,5 meter. Sisanya (yang merupakan sebagian besar) area kolam ini memiliki kedalaman 3 meter. Air kolam renang bersih namun tidak terlalu jernih. Biasa saja. Banyak yang les/privat renang disini

Sementara itu, kolam kedua merupakan kolam untuk diving dengan kedalaman 5 meter dan ukuran 15m x 15m.  Ada papan loncat indah disini. Di kolam ini, banyak orang yang berlatih menyelam sebab disini ada tempat les/kursus menyelam bersertifikasi seperti kursus scuba diver, sidemound diver, dan lain-lain.


Keunggulan :
Standar olympic dan ada kolam dengan kedalaman 5 meter
Ada sekolah/kursus menyelam

Kekurangan :
Ruang ganti, toilet, kamar bilas kualitasnya kurang baik. 

kolam renang simprug

kolam renang gor pertamina

28) Kolam Renang Bulungan

Jam Buka : 07.30 - 10.30 dan 12.30 - 15.00
Kedalaman : 0.75 meter - 1.6 meter
Luas Kolam : 50 m x 25 m
Kamar Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp10.500 (Senin-Sabtu) Rp12.500(Minggu/HariLibur)
Lokasi : Jalan Kyai Maja Blok F, Kebayoran Baru, RT.2/RW.8, Gunung, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

Pertamakali saya kesini yakni dengan turun di Stasiun Kebayoran lalu melanjutkan naik ojek online. Saat itu bertepatan dengan HUT RI ke 72. Saya kira, hari libur nasional kolam tetap buka, namun sampai disana ternyata kolam tutup. Dua hari kemudian saya kesini lagi dan mencicipi kolam renang ini.

Kolam Renang Bulungan berada di Gelanggang Remaja Jakarta Selatan (GRJS) yang lokasinya berada di Kebayoran Baru. Jadi selain kolam renang, disini juga ada lapangan tennis, lapangan bulu tangkis, dan lapangan basket. Kolam ini didirikan sejak tahun 1971. Kolam Renang Bulungan buka jam setengah delapan pagi sampai jam tiga sore. Pada jam 10.30 sampai 12.30 loket tutup sementara. Ada dua kolam, kolam anak-anak dan kolam utama. Untuk kolam utama, sebagian besar tidak terlalu dalam. Bagian terdalamnya 1.6 meter saja. 

Harga tiket tergolong murah, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp10.500 - Rp12.500. Bagi pengantar dan anak usia dua tahun ke atas tetap harus membeli karcis. Ada tribun di sisi kanan dan sisi kiri. Jadi cocok untuk tempat duduk sambil beristirahat tanpa takut kepanasan. Kualitas air biasa saja. Kurang jernih menurut saya. Kamar ganti/kamar bilas/toilet kurang nyaman. Ada banyak penjaja kantin di sekitaran kolam renang ini. Di kolam renang bulungan ini juga ada klub renang Aquanus dan Parisakti. 

Keunggulan :
Kolam cukup luas
Ada tribun
Murah, banyak jajanan

Kekurangan :
Kamar ganti/bilas kurang baik

kolam renang bulungan

kolam gelanggang remaja jakarta selatan

29) Kolam Renang Harapan Baru Regency (HBR)

Jam Buka : 08.00 - 17.00
Kedalaman : 1 meter - 1.6 meter
Luas Kolam : 32 m x 15 m
Kamar Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp15.000 (Senin-Jumat) Rp20.000 (Sabtu/Minggu/HariLibur)
Lokasi : Jl. Harapan Baru No.21, Kota Baru, Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17133

Saya datang ke kolam renang HBR saat hari senin dengan menggunakan KRL turun di Stasiun Cakung lalu melanjutkan jalan kaki sebentar sejauh 700 meter. Lokasi kolam renang ini terletak di dekat perbatasan antara Jakarta Timur dengan Bekasi. Saya tiba di kolam ini jam delapan pagi. Masuk ke sana, ternyata kolamnya sepi. Hanya ada dua orang lansia yang sedang berenang. Maklum pagi hari weekdays, kalau weekend tentu amat ramai.

Kolam Renang HBR memiliki dua kolam, kolam utama berukuran 32 m x 15 meter, dan kolam kecil berbentuk lingkaran. Saat saya kesini, air kolam tergolong bersih. Kedalaman kolam utama 1 meter sampai 1.6 meter. Harga tiket masuk kolam HBR Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk hari sabtu / minggu / hari libur. Pengantara dan anak 2 tahun ke atas tetap membayar penuh tiket masuk. 

Keunggulan :
Air kolam cukup bersih

Kekurangan :
Kamar ganti/bilas kurang nyaman

kolam renang hbr

kolam renang hbr

30) Kolam Renang Tirta Teja, Taman Wiladatika

Jam Buka : Senin - Jumat (07.00 - 17.00) Sabtu/Minggu/Hari Libur (07.00-17.30)
Kedalaman : 1.5 meter - 2.5 meter
Luas Kolam : 50 m x 20 m
Kamar Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp25.000 (Senin-Jumat) Rp30.000 (Sabtu/Minggu/HariLibur)
Lokasi : Jalan Jambore No.1 RT. 03 / RW.03, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 13720

Kolam renang Tirta Teja terletak di dalam area Taman Rekreasi Wiladatika / Taman Bunga Wiladatika Cibubur. Kolam ini berada di perbatasan antara Jakarta Timur dengan Depok. Lokasinya dekat dengan Cibubur Junction.  Kolam ini cukup jauh dari tempat tinggal saya jadi saya kemari menggunakan angkutan umum 112 lalu dilanjutkan dengan naik ojek online.

Anda perlu membayar Rp25.000 (weekdays) / Rp30.000 (weekends) untuk masuk ke kolam Taman Bunga Wiladatika (sudah termasuk tiket masuk menikmati taman). Saat saya kemari pada hari rabu pagi, kolam cukup sepi, hanya ada satu orang saja yang sedang berenang. Ada tribun di sisi kolam ini. Terlihat ada tiga kolam, satu kolam anak-anak, satu kolam dengan kedalaman 3 meter yang memiliki papan loncat indah, serta satu kolam utama. Untuk kolam utama berukuran 50 meter x 20 meter dengan kedalaman paling dalam 2.5 meter. Saya menceburkan diri di kolam utama dan airnya sangat jernih. Ujung dinding kolam tetap terlihat meski saya di ujung yang satunya lagi.  Air tidak terasa kaporitnya. Kamar bilas terbuka, wc/toilet berukuran besar dan cukup baik.

Keunggulan :
Air kolam renang jernih
Kamar ganti/toilet/kamar bilas luas

kolam renang tirta teja

kolam renang taman wiladatika cibubur

Yap, itulah review berbagai kolam renang dari kami. Informasi harga tiket masuk kolam renang sudah terupdate per Agustus 2017. Jika ada perubahan harga, mohon beritahukan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini. Dengan selesai dibuatnya post ini, menandakan saya telah mengunjungi tiga puluh kolam renang di Jakarta & sekitarnya serta sebagai penutup liburan panjang saya karena saya akan masuk semester 5 haha. 

Ayo Berenang

Macam-Macam Teknik Gaya Renang, Perlengkapan Renang, Info Kolam Renang

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top