Kamis, 19 Januari 2017

Peraturan, Tata Tertib, Etika di Kolam Renang

Hal hal yang harus diperhatikan ketika berada di kolam renang. Kolam renang merupakan tempat untuk berenang. Ya iyalah. Tentunya setiap tempat/fasilitas umum memiliki berbagai macam aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi bagi setiap orang. Adanya aturan tersebut tentu berguna agar tidak terjadinya suatu masalah yang merugikan suatu pihak. Begitupula dengan kolam renang. Ada berbagai macam peraturan/tata tertib/etika yang berlaku di kolam renang secara umum. Hal itulah yang akan dibahas dalam artikel ini.


Pakaian Renang yang tepat
Pastikan anda menggunakan pakaian renang yang tepat saat anda berenang. Jangan berenang menggunakan kaos/pakaian sehari-hari anda. Untuk pria biasanya dilarang memakai kaos alias harus tel*njang dada. Jangan memakai pakaian renang yang berwarna putih sebab bisa terlihat tembus jika di dalam air.

Lakukan Pemanasan terlebih dahulu
Anda bisa melakukan berbagai macam gerakan pemanasan plus lari-lari kecil di sekitar kolam renang. Hal ini perlu dilakukan untuk melemaskan otot-otot anda sehingga mencegah terjadinya kram.

Tanyakan Kedalaman kolam renang
Anda harus mengetahui kedalaman kolam renang jika anda merasa anda tidak jago banget berenang. Jika tidak ada informasi penanda kedalaman kolam renang, pastikan anda bertanya kepada petugas kolam renang mengenai kedalaman kolam renang dan batas kedalaman antara bagian kolam renang yang dangkal dan dalam.

Dilarang makan di pinggir kolam renang
Anda tidak boleh untuk memakan makanan, makanan ringan, dan semacamnya di pinggir kolam renang sebab sisa-sisa makanan tersebut bisa saja jatuh dan masuk ke dalam kolam renang sehingga mengotori kolam renang

Dilarang berenang setelah makan
Jika anda makan dalam porsi besar, maka anda dilarang untuk berenang. Karena jika anda tetap memaksakan berenang setelah makan, maka bisa menyebatkan kram perut ketika anda berenang dan ini berbahaya bagi keselamatan anda. Kram perut terjadi karena perut anda sedang dalam proses mencerna makanan namun anda memaksakan untuk berolahraga. Maka dari itu pastikan anda berenang setidaknya 1 jam setelah anda makan

Jika Anda tidak pandai berenang
Pastikan anda berenang di tempat yang tidak terlalu dalam dimana kedalaman kolam tidak lebih dari tinggi badan anda. Atau anda sebaiknya didampingi oleh orang yang sudah mahir berenang di tempat yang dalam

Jika anda kram ketika berenang
Apabila ketika anda berenang, tiba-tiba kaki, tangan, betis anda kram/nyeri, maka segera berhenti renang, ke arah tepi, dan keluar dari kolam lalu regangkan otot anda.

Jangan berlari dekat tepi kolam
Berlari di dekat tepi kolam memungkinkan anda tergelincir / kepeleset sehingga anda masuk ke kolam yang dalam atau terbentur dengan tepi kolam.

Jangan berenang di saat gelap
Sebab berenang di tempat yang gelap akan menyulitkan pandangan mata anda. Namun umumnya kolam renang akan segera tutup di sore hari ketika menjelang maghrib.

Jangan berenang ketika hujan deras dan ada kilatan petir
Turunnya hujan deras di kolam renang akan mempersulit anda ketika mengambil nafas saat berenang. Apalagi adanya petir akan sangat berbahaya bagi keselamatan diri anda.

Ketika berenang, perhatikan orang lain
Gunakan kolam renang secara bijak, jangan menguasai kolam renang sehingga mengganggu perenang lain. Orang lain juga punya hak untuk berenang sehingga pastikan anda tidak menabrak orang lain ketika berenang.

Jangan Meludah dan Pipis di Kolam Renang
Meludah di kolam renang sangatlah jijik.  Sementara itu Pipis di kolam renang tentu merupakan perbuatan yang sangat tidak etis meski orang lain tidak tahu anda pipis di kolam renang.

Dilarang bermain/bercanda mendorong teman di pinggir kolam
Hal ini bisa saja berbahaya bagi teman kalian yang belum siap tercebut ke kolam renang terlebih bagi mereka yang tidak pandai berenang

Orang tua harus mengawasi anak-anaknya
Bagi orang tua yang membawa anak-anaknya ketika berenang, tentu orang tua harus bertanggung jawab terhadap keselamatan putra-putrinya. Hal ini bukan hanya tanggung jawab lifeguard, namun orang tualah yang terutama harus bertamggung jawab. Pastikan anak-anak anda berenang di kolam renang yang aman dan tidak terlalu dalam bagi mereka. Jangan melepaskan pandangan terhadap anak anda, sebab bisa saja anak anda tenggelam dan seperti kita ketahui, nafas anak-anak tidak sekuat orang dewasa.

Jangan meloncat ke kolam renang jika disitu ada banyak orang berkumpul
Jangan meloncat ke kolam dalam posisi menukik apabila kolam itu cetek/dangkal
Jangan membasuh wajah di tepi kolam karena bisa saja anda terpeleset dan tercebur

Gunakan pakaian atau celana khusus untuk berenang
Bilas seluruh badan sebelum berenang

Orang yang dilarang untuk berenang :
  1. Orang yang sedang sakit
  2. Orang yang memiliki penyakit kulit / luka terbuka
  3. Orang yang lemas karena belum memperoleh asupan makanan
  4. Orang penderita epilepsi / ayan
Berhentilah berenang jika anda
  1. Lemas
  2. Kram
  3. Mengigil kedinginan
Ya, itulah tata tertib, peraturan, dan hal-hal yang harus diperhatikan di dalam kolam renang. Adanya hal tersebut berguna untuk menjaga keamanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada di kolam renang. 

Ayo Berenang

Macam-Macam Teknik Gaya Renang, Perlengkapan Renang, Info Kolam Renang

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top