Sabtu, 14 Januari 2017

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung (Backstroke)

Renang gaya punggung disebut juga dengan istilah Backstroke. Cara renang gaya punggung adalah gaya renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Pada dasarnya, gerakan kaki dan lengan pada renang gaya punggung mirip dengan renang gaya bebas hanya saja dalam renang gaya punggung, posisi tubuh terlentang dengan permukaan air. Sementara itu posisi lutut pada saat kaki digerakkan pada renang gaya punggung adalah sedikit/setengah dibengkokkan.

Sayangnya dalam melakukan renang gaya punggung ini, posisi wajah tentu akan selalu menghadap ke atas sehingga anda tidak bisa melihat yang ada di depan anda ketika sedang berenang menggunakan gaya ini. Namun enaknya yakni hal ini membuat posisi hidung akan dapat selalu berada di atas permukaan air, sehingga memudahkan anda dalam melakukan pernapasan.

teknik dasar renang gaya punggung

Dalam perlombaan renang gaya punggung, start yang dilakukan yakni di dalam kolam, dimana perenang berpegangan kepada besi pegangan dan perenang menghadap ke dinding kolam lalu lutut ditekuk di antara kedua tangan yang berpegangan serta telapak kaki menapak ke dinding kolam. Hal ini tentu berbeda dengan perlombaan renang gaya bebas, dada, dan gaya kupu kupu, dimana para perenang melakukan start di atas balok start renang.

Pembalikan renang gaya punggung dilakukan dengan cara salto ketika mencapaidinding kolam. Ada tiga macam salto : salto ke samping (flip turn), salto ke bawah (salto penuh / roll over turn), dan salto duduk (spin turn). Sementara itu jika akan beralih dari gaya punggung ke gaya dada, maka bentuk pembalikannya yakni salto menyilang (crossover turn). Koordinasi gerakan renang gaya punggung adalah sebagai berikut.

Gerakan Tangan
Putar tangan sampai masuk ke dalam permukaan air (posisi telapak tangan tegak lurus dan jari kelingking masuk ke air terlebih dahulu). Ketika mencapai titik maksimal tekukan siku, lakukan dorongan tangan ke arah bawah dan belakang. Putar tangan keluar permukaan air dimana ibu jari yang keluar terlebih dahulu ke permukaan air. Lakukan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan

Gerakan Kaki
Gerakan kaki mirip dengan gerakan kaki gaya bebas. Hal ini karena gerakan kaki renang gaya bebas hanyalah kebalikan gerakan kaki renang gaya punggung. Naikturunkan masing-masing kaki anda secara bergantian dan yang terpenting lutut setengah menekuk serta pusat gerakan berasal dari pangkal paha.



Pernapasan
Teknik yang tidak perlu latihan khusus renang gaya punggung adalah teknik pengambilan napas. Hal ini karena dalam renang gaya punggung, posisi wajah selalu menghadap ke atas dan hidung berada di atas permukaan air, maka anda dapat dengan bebas dan leluasa untuk melakukan pernapasan. Mengapa pandangan harus ke atas pada renang gaya punggung? Ya, karena posisi tubuh dalam renang gaya ini selalu terlentang sehingga memudahkan dalam hal pernapasan.

Berikut ini adalah video yang saya sarankan tonton bagi anda yang sedang belajar mendalami renang gaya punggung



Beberapa poin penting dalam cara renang gaya punggung
1) Posisi badan saat renang gaya punggung adalah terlentang
2) Pandangan ke arah atas
3) Kaki setengah dibengkokkan

Berikut ini adalah animasi gerakan renang gaya bebas

Jika dilihat dari atas

Jika dilihat dari samping

Demikianlah artikel mengenai teknik dasar renang gaya punggung. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang menyusun makalah renang gaya punggung ataupun bagi yang sedang mengerjakan tugas (gara-gara gak ikut renang hehe) / bagi yang menghadapi UAS penjasorkes .

Ayo Berenang

Macam-Macam Teknik Gaya Renang, Perlengkapan Renang, Info Kolam Renang

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top