Kamis, 12 Januari 2017

Teknik Dasar Renang Gaya Dada (Breaststroke)

Inilah teknik dasar cara renang gaya dada. Renang gaya dada atau yang biasa disebut juga dengan gaya katak (dalam istilah inggris, gaya ini biasa dikenal dengan nama breaststroke) merupakan gaya renang yang paling mudah untuk dilakukan. Gaya renang ini cukup santai dan gerakannya mirip seperti seekor katak / kodok yang sedang bercinta berenang. 

Gaya ini tidak membutuhkan tenaga yang lebih banyak sehingga anda bisa berenang dalam waktu yang lama tanpa kelelahan jika menggunakan gaya ini. Gaya ini merupakan gaya yang lebih lambat dibandingkan tiga gaya renang lainnya (gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu). 

cara mudah renang gaya dada / katak

Gaya dada / gaya katak adalah gaya renang yang mudah dipelajari. Bahkan, jika anda pergi ke kolam renang, pasti anda akan melihat bahwa hampir sebagian besar para pengunjung berenang menggunakan gaya dada/katak walaupun kebanyakan mereka tidak melakukan gaya dada yang baik dan benar.

Gerakan Tangan
Kedua tangan lurus ke depan. Pastikan jari-jari rapat. Tarik kedua belah tangan ke arah samping seolah-olah seperti sedang membelah air. Lalu pertemukan kedua tangan tersebut menuju arah dada bagian bawah. Kemudian dorong ke arah depan. 

Gerakan Kaki
Posisi kedua kaki renang gaya dada diluruskan ke belakang, lalu tekuk kaki dan tarik ke arah samping, kemudian seperti membentuk putaran, pertemukan kedua kaki itu disertai dengan lecutan.

Pernapasan
Cara melakukan gerakan mengambil napas renang gaya dada. Pernapasan pada renang gaya dada dilakukan ketika kedua tangan anda ditarik lebar ke samping, seketika itu pula anda harus mengangkat kepala anda ke atas permukaan air, lalu anda mengambil udara melalui mulut. Kemudian ketika di dalam air, anda harus membuang nafas melalui hidung. 

Berikut ini adalah video lengkap mengenai teknik dasar renang gaya dada yang tentunya akan memudahkan kalian dalam memahami setiap gerakan pada renang gaya dada / katak.


Beberapa poin penting untuk menghindari kesalahan dalam renang gaya dada :
1) Usahakan badan dalam kondisi serileks mungkin
2) Pastikan lutut tidak terdorong terlalu ke depan
3) Pastikan pantat tidak ikutan naik
4) Ketika tangan sedang mangayuh, pastikan jari tetap rapat
5) Pengambilan napas dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas

Berikut ini adalah animasi gerakan renang

Jika dilihat dari depan

Jika dilihat dari belakang

Demikian informasi mengenai teknik dasar cara renang gaya dada (breastroke). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar renang gaya dada atau juga bagi kalian yang sedang mengerjakan tugas renang / makalah renang / persiapan UAS haha. Sekian. Terimakasih. 

Google Ads

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top