Minggu, 07 Mei 2017

Daftar Kolam Renang di Jakarta dan Depok (Part 2)

Halo ini lanjutan dari post sebelumnya. Sebelumnya blog berenang.id sudah pernah mengulas daftar kolam renang Depok dan Jakarta (Part 1). Nah guna mencapai target saya berhasil mengunjungi 50 kolam renang berbeda di tahun ini, maka berikut ini akan saya sajikan ulasan pengalaman saya mengunjungi berbagai kolam renang yang ada di Jakarta dan Depok. 

14) Kolam Renang GOR Pasar Senen

Jam Buka : 08.00 - 17.00
Kedalaman : 1.2 m dan 2.5 m
Luas kolam : 50 m x 20 m
Tempat Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp10.000 (Weekdays), Rp12.000 (Weekends)
Lokasi : Jalan. Stasiun Senen No.1, RW.3, Senen, RW.3, Senen, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10410

Kolam Renang Pasar Senen berada di Gelanggang Remaja Jakarta Pusat (GRJP) lokasinya terletak tepat di sebelah barat Stasiun Pasar Senen. Jadi aksesnya sangat gampang bagi anda pengguna KRL, cukup jalan kaki sebentar saja, sampailah di kolam renang ini. Ada dua kolam disini, kolam untuk anak-anak dan kolam untuk dewasa. Oh ya, kolam ini sangat berjasa ketika terjadi peristiwa kebakaran besar Pasar Senen di Januari 2017. Dimana saat itu, air kolam renang disini disedot sampai habis untuk membantu memadamkan kebakaran tersebut.

Kelebihan :
Ada klub renang murah disini (Flobamura Swimming Club)

Kelemahan :
Kamar bilas, kamar mandi, kurang bersih


harga tiket masuk kolam pasar senen

jam buka kolam gor pasar senen

15) Kolam Renang Tirta Sera 

Jam Buka : 07.00 - 18.00
Kedalaman : 1 meter - 2.2 meter
Luas kolam : 12,5 m x 50 m
Tempat Bilas : Tertutup (dengan tirai)
Harga Tiket : Rp27.000 (Weekdays), Rp30.000 (Weekends)
Lokasi : Jalan Jamblang No.34U, Pancoran, RT.6/RW.4, Pejaten Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12750

Kolam Renang Tirta Sera atau dikenal juga dengan nama Kolam Renang Bina Tirta, berada tidak jauh dari Stasiun Pasar Minggu Baru. Kolam ini berada di kompleks Badan Intelejen Negara. Jalan akses masuk kolam renang ini yakni melalui halaman samping kiri Masjid YAMP - Kompleks BAKIN. Waktu saya kesini, ada beberapa tugas keamanan yang menjaganya, wajar saja sih karena memang berada di lingkungan Kompleks BIN. Kolam ini buka dari jam 07.00 - 18.00 namun untuk hari Senin dan Rabu pada jam 07.00 - 13.00 kolam tidak dibuka untuk umum karena dipakai oleh Dharma Wanita BIN.

Suasana kolam ini menarik. Tempatnya bersih, kamar mandi,bilas, ruang ganti nyaman. Ada dua kolam, kolam anak-anak dan kolam dewasa. Untuk kolam yang dewasa memiliki panjang 50 meter, namun lebar yang kecil yakni 12.5 meter. Standar kolam pada umumnya sih panjang 50 meter dengan lebar 20-25 meter. Di kolam renang ini ada gazebo, nyaman sebagai tempat duduk bagi yang tidak ingin berenang. Air kolamnya bersih. Tidak terasa kaporitnya.

Kelebihan :
Airnya jernih dan bebas kaporit
Kamar ganti & bilas bersih

Kelemahan :
Kolam kurang lebar


jam buka kolam renang tirta sera

kolam renang tirta sera dimana

16) Kolam Renang Bojana Tirta

Jam Buka : 07.00 - 16.00
Kedalaman : 1.2 meter, 2.5 meter, 3.5 meter
Luas Kolam : 50 meter x 15 meter
Tempat Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp18.000
Lokasi : Jl. Bujana Tirta Raya, RT. 4 / RW. 15, Pisangan Timur, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13230

Kolam renang ini terletak di kompleks Bea Cukai. Ada tiga kolam disini, dua kolam anak-anak dan satu kolam dewasa. Untuk kolam dewasa panjangnya 50 meter dengan lebar 15 meter. Saat saya kesini, airnya berwarna kehijauan dan tidak jernih. Kaporit juga terasa di rambut saya begitu saya selesai berenang disini.

Yang cukup berbeda dengan kolam lainnya yakni ada kedalaman 3.5 meternya. Sebagian besar kolam yang pernah saya kunjungi kedalamannya maksimal 2.5 meter. Saya penasaran ke bagian 3.5 meter di kolam ini dan mencoba untuk menyelam sampai kaki saya mencapai dasar di kolam ini pada kedalaman 3.5 meter, namun saya tidak berhasil karena takut haha, sebab airnya saja kurang jernih.

Kelebihan :
Ada kedalaman 3.5 meter
Ada klub renang Bina Taruna disini

Kelemahan :
Air agak keruh, berwarna kehijau-hijauan
Kamar bilas, kamar ganti, wc tidak terawat
Lingkungan kurang bersih

kolam renang bojana tirta buka jam berapa

kolam renang bea cukai bujana tirta

17) Kolam Renang Cikini

Jam Buka : 08.00 - 20.00 (Senin - Jumat) 07.00 - 20.00 (Sabtu dan Minggu)
Kedalaman : 1m, 1.5m, 2m, 2.5m, 3m
Luas kolam : 50 m x 20 m
Ruang Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp40.000 (Senin - Kamis) Rp50.000 (Jumat - Minggu)
Lokasi : JL. Cikini Raya No. 75, Kel. Menteng, Kec. Tebet, RT.1/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330

Pengalaman saya ke kolam renang Cikini yakni dengan turun terlebih dahulu di Stasiun Cikini kemudian berjalan kaki sekitar 850 meter untuk sampai di kolam renang Cikini. Kolam ini terletak di belakang Hotel Ibis. Pintu masuknya yakni melalui jalan kecil di samping Hotel Ibis.

Karena saya ke sana pada hari sabtu, tiket masuknya yakni Rp50.000. Setelah membeli tiket, saya menanyakan ke petugas disana tentang locker. Dan ternyata biaya sewa lockernya tidak gratis dan harus membayar Rp20.000. Gila, mahal banget ya. Saya membatalkan niat untuk menyewa locker.

Sesampainya disana, suasananya cukup ramai dan sayangnya tidak ada tempat duduk kosong. Saya pun bingung untuk menaruh tas. Akhirnya saya taruh saja tas saya di depan pohon namun tetap dapat terawasi oleh pandangan saya ketika berenang.

Biasanya sisi pada bagian kedalaman 3 meter, dipakai untuk berlatih para anggota klub renang yang bernama Millenial Swimming Club. Oh ya bahkan atlet renang Indonesia yakni Glenn Victor berlatih renang disini lho.

Saya akui air kolamnya amat bersih. Tidak terasa kaporitnya. Kamar bilas terbuka ada empat shower. Ada empat ruang ganti dengan penutup tirai. WC bersih. Sekedar info kolam renang Cikini merupakan kolam renang legendaris

Kelebihan :
Air jernih sekali
Buka sampai malam

Kelemahan :
Mahal
Locker Mahal


harga tiket masuk kolam renang cikini

kolam renang belakang hotel ibis


18) Kolam Renang Paragon

Jam Buka : 07.00 - 18.00
Kedalaman : 1.5 meter dan 2.2 meter
Luas kolam : 25m x 15m (kolam utama)
Ruang Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp25.000 (Weekdays) Rp35.000 (Weekends)
Lokasi : Jalan Haji Dimun IV No.1, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16415

Kalau renang Indoor adalah kolam renang yang berada di dalam ruangan (Daftar lebih lengkap baca : berbagai kolam renang indoor di Jakarta) maka kolam renang Semi-Indoor adalah kolam renang yang berada di luar ruangan namun dengan penutup di atas kolam renangnya yang berguna untuk menahan terik sinar matahari.

Denger-denger sih, kolam Renang Paragon adalah satu-satunya kolam renang Semi-Indoor di kota Depok ya. Saya pun tertarik untuk mengunjungi kolam renang ini. Dengan ojek online, akhirnya saya sampai di kolam renang ini di siang hari jam 12 siang. Ketika saya menceburkan diri ke kolam renang ini, anjir ternyata airnya dingin bro. Ini mungkin gara-gara air kolam yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Saat saya melihat ke dalam air kolam ini, saya rasa air kolam ini biasa saja, tidak jernih sekali. Namun di lidah saya, rasa air kolam ini kok terasa aneh di lidah ya.

Ada empat kolam renang disini, tiga kolam untuk anak-anak dan satu kolam dewasa. Di kolam anak, ada perosotan (tinggi sekitar 6 meter), ada pancuran, ada ember air jatuh. Untuk kolam yang dewasa, kedalamannya 1.5 meter dan 2.2 meter. Untuk kolam dewasa, luasnya kurang memuaskan sih, panjang 25 meter dan lebar 15 meter, Sekedar info, kolam renang ukuran standar olympic itu panjangnya 50 meter dan lebar 20-25 meter.

Kelebihan :
Tidak perlu takut renang disini ketika siang hari
Tempat bilas dan WC/Kamar Ganti bersih

Kelemahan :
Airnya rasanya aneh (?)
Kurang luas kolamnya

tiket masuk kolam renang paragon

kolam renang paragon buka jam berapa


19) Kolam Renang Arcici

Jam Buka : 06.00 - 21.00
Kedalaman : 1.1 meter dan 1.8 meter
Luas Kolam : 50 m x 20 m
Kamar Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp40.000 (Weekdays) Rp50.000 (Weekends)
Lokasi : Jl. Cempaka Putih Barat 26, RT.3/RW.7, Cemp. Putih Bar., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10520

Waktu itu hari senin bertepatan dengan hari buruh dan tentunya libur haha. Saya menginap di rumah saudara, dan sebelumnya saya memang merencanakan untuk berenang di kolam renang arcici. So, saya bangun jam 4.30 pagi dan jam 6 kurang saya berangkat menuju kolam renang Arcici ini dengan menggunakan ojek online.

Singkat cerita, saya tiba di Arcici Sport Center. Ternyata di sini tidak hanya kolam renang saja, melainkan juga ada lapangan sepak bola, panahan, tempat gym, dan lain-lain. Saya pun masuk ke kolam renangnya. Tiket masuk kolam renang Arcici yakni Rp50.000 untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional. Sementara itu untuk hari-hari biasa, tiket masuknya Rp40.000. Kolam renang Arcici buka cukup pagi yakni jam 6 pagi sudah buka sementara tutup jam 9 malam (senin - jumat) dan tutup jam 8 malam (sabtu dan minggu).

Kolamnya luas 50 meter x 20 meter dengan dua kedalaman yakni 1.1 meter dan 1.8 meter (di bagian tengahnya). Untuk yang kedalamannya 1.8 meter, sayang sekali, banyak lantai dasar kolam yang pecah, hilang, rusak, dan sebagainya. Mungkin bisa bahaya kalau kaki anda menapak ke dasar kolam yang 1.8 meter ini. Entah kapan diperbaikinya.

Ada kolam kecil juga untuk anak-anak dengan perosotan dan wahana ember jatuh. Kamar bilas terbuka, kamar ganti tertutup dengan tirai. WC cukup bersih. Banyak tempat duduk dan payung untuk berteduh dan ada wifi.id corner-nya.

Kelebihan :
Ada klub renang Flobamora
Ada wifi.id corner
Buka jam 6 pagi dan tutup jam 9 malam

Kelemahan :
Lantai kolam banyak yang pecah dan bolong-bolong

jam buka tutup kolam renang arcici

harga tiket masuk kolam renang arcici

20) Kolam Renang Pelopor, Mako Brimob

Jam Buka : 08.00 - 17.00
Kedalaman : 1.5 meter, 2.5 meter, 4 meter
Luas Kolam : 50 m x 25 m
Kamar Bilas : Terbuka
Harga Tiket : Rp10.000 (Dewasa) Rp8.000 (Anak-anak)
Lokasi : Pasir Gn. Sel., Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451

Lokasi kolam renang ini ada di daerah Korps Brimob (Mako Korps Brimob Kelapa Dua). Saya sebenarnya sudah tau sejak lama keberadaan kolam ini melalui Google Maps, namun parahnya saya belum tau kalo kolam renang ini dibuka untuk umum, padahal kolam renang ini lokasinya dekat dengan tempat tinggal saya. Kolam renang ini memang tidak terkenal sih. Di perempatan kelapa dua sebelah Gunadarma Kampus G, memang terpasang plang Kolam Renang Dibuka untuk Umum 500 meter. Namun saya cari-cari kok tidak menemukan ya. Akhirnya saya browsing-browsing di lab komputer lantai 6, tentang kolam renang ini oalah ternyata kolam renang yang dimaksud itu kolam renang yang di markas brimob yang bernama Kolam Renang Pelopor. Mengapa dulu saya sempat berpikiran bahwa kolam renang ini tidak dibuka umum? Sebab kalau dilihat dari Google Maps, jalan masuk kolam ini yakni melalui gerbang korps brimob polri dan disana penjagaannya ketat karena ada brimob berseragam dengan membawa senjata tembakan. Wah wah wah kayaknya memang ga sembarang orang bisa masuk ini. Eh ternyata masyarakat umum bisa menuju kolam renang ini namun melalui jalan lain yang tentunya aksesnya agak ribet. 

Singkat kata, saya sampailah di kolam renang ini, harga tiket masuk Kolam Renang Brimob murah meriah Rp10.000 untuk dewasa dan Rp8.000 untuk anak-anak. Kolam renang Pelopor Brimob ini buka setiap jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore. Ada tribun disini, ada dua kolam : kolam utama dan kolam anak-anak. Waktu saya kesini, air kolam renangnya berwarna agak kehijau-hijauan. Mungkin belum dikuras kali ya. Tidak ada informasi kedalaman kolam renang sehingga saya bertanya ke petugas loket, berapa kedalaman kolam ini. Beliau menjawab ada tiga variasi kedalaman, yakni 1.5 meter, 2.5 meter, dan 4 meter. 4 meter? Wow, ada kedalaman 4 meter rupanya. Berarti ini kolam renang terdalam yang pernah saya kunjungi dengan kedalaman 4 meter. Sebenarnya saya juga pernah mengunjungi kolam renang Ragunan dan Marinir dan memang ada kolam yang kedalaman 4 meter, namun letaknya terpisah dan dikhususkan untuk diving saja. Ke bahasan lain, soal kamar bilas disini terbuka dengan shower. Kamar ganti dan WC kurang baik. Setelah saya angkat dari kolam dan bilas, saya beristirahat sejenak di tribun dan ternyata sedang ada banyak remaja-remaja dengan gaya rambut cepak (calon taruna mungkin?) yang sedang tes renang.  

Kelebihan :
Tiket masuk murah
Ada kedalaman 4 meter dan papan lompat

Kelemahan :
WC dan kamar ganti kurang terawat
Air kolam kurang jernih
Akses agak sulit


kolam renang mako brimob kelapa dua
kolam renang pelopor brimob

Ya, itulah daftar kolam renang di Jakarta dan Depok Bagian II. Nantikan saja informasi daftar kolam renang Part 3 di artikel yang akan datang. Pantau terus blog www.berenang.id . Selamat Berenang !

Update : Silahkan lanjut membaca berbagai kolam renang di Jakarta bagian III

1 komentar:

review kolam renang tirtamas rawamangun juga dong :)
btw nice info..

Ayo Berenang

Macam-Macam Teknik Gaya Renang, Perlengkapan Renang, Info Kolam Renang

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top